September 15, 2012

SMTP and POP 3

Posted in Tugas + Resume at 4:36 am by Billy Dewantara

SMTP
SMTP (SimpleMail Transfer Protocol) itu sendiri dalam definisinya adalah suatu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di Internet. Protokol ini gunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Jadi client E-mail dan server menggunakan protokol SMTP dengan menggunakan port 25 untuk mengatur proses pengiriman dan penerimaan E-Mail.
Sebagaimana yang telah dibahas, daripada hanya mengirim E-Mail dengan RFC2822 (Internet Message Format (IMF)) header yang benar disekitarnya, client E-Mail dan server harus berkomunikasi terlebih dahulu. Untuk menggunakan SMTP bisa dari Microsoft Outlook. biasanya untuk menggunakan SMTP di perlukan settingan :
1. Email Address : contoh —> anda@domainanda.com
2. Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com
3. Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com
4. Account Name : anda@domainanda.com
5. Password : password yang telah anda buat sebelumnya
SMTP bisa dianalogikan sebagai kantor pos. Ketika kita mengirim sebuah e-mail, komputerkita akan mengarahkan e-mail tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan. Mail-server tujuan ini bisa dianalogikan sebagai kotak pos di pagar depanrumah, atau kotak PO BOX di kantor pos. Email-email yang terkirim akan menempati ditempat tersebut hingga si pemiliknya mengambilnya. Urusan pengambilan e-mail tersebuttergantung kapan di penerima memeriksa account e-mailnya

POP3
Nah kali ini saya akan mengulas tentang protocol yang kedua yaitu POP3. POP3 itu sendiri adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran email server ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.

POP3 memungkinkan beberapa opsi untuk otentifikasi, dan beberapa fitur berguna lainnya untuk client E-Mail serta fitur-fitur yang tidak dimasukan dalam SMTP. Salah satu fitur yang lebih baik dari POP3 adalah otentifikasi.
Otentifikasi mengacu pada proses sebuah perkakas untuk mengidentifikasi dirinya sendiri dengan perkakas yang lain melalui nama dan password perkakas lain untuk selanjutnya memutuskan apakah perkakas pertama bisa mengakses.

Leave a comment