October 23, 2011

Pentingya Suatu Etika

Posted in Tugas + Resume at 3:46 pm by Billy Dewantara

Dalam Kehidupan saat ini Teknologi Informasi pun sangatlah penting. Dan saat ini teknologi informasi semakin berkembang. Teknologi informasi juga sangat membantu setiap manusia dalam kehidupan sehari-hari, dapat membantu manusia untuk bekerja dan mendapatkan segala informasi yang akan dibutuhkan secara hemat dan efisien waktu. Dengan teknologi sekarang ini, orang jg dapat melakukan berbagai hal, yaitu berbagi dalam hal informasi atau sharing-sharing dengan orang lain. Dan dalam berbagi itu semua pasti akan bertatap muka oleh masyarakat. Di dalam pergaulan hidup bermasyarakat, diperlukan suatu system yang mengatur bagaimana seharusnya manusia bergaul. Sistem pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun, tata karma, dan lain-lain.

Maksud dari itu adalah pergaulan tidak lain untuk menjaga kepentingan masing-masing yang terlibat agar mereka senang, tenang, tentram, terlindung tanpa merugikan kepentingannya serta terjamin agar perbuatannya yang tengah dijalankan sesuai dengan adat kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hak-hak asasi umumnya. Hal itulah yang mendasari tumbuh kembangnya etika di masyarakat kita.

Dan semua ini berpengaruh penting terhadap etika yang ada. Saya akan menjelaskan sedikit tentang etika , etika itu sendiri adalah perilaku, adat istiadat manusia dalam pergaulan sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.

Di dalam etika itu sendiri, etika terbagi atas 2 :

Etika umum ialah etika yang membahas tentang kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia itu bertindak secara etis. Etika inilah yang dijadikan dasar dan pegangan manusia untuk bertindak dan sebagai tolok ukur penilaian baik buruknya suatu tindakan.

Etika khusus ialah penerapan moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus misalnya olahraga, bisnis, atau profesi tertentu. Dari sinilah nanti akan lahir etika bisnis dan etika profesi (wartawan, dokter, hakim, pustakawan, dan lainnya)

Leave a comment