August 10, 2011

Ketiga – JU PE DA TANG

Posted in OKK 2011 at 4:27 pm by Billy Dewantara

Arti dari JUPE DATANG sendiri itu adalah :

  • Jujur – (JU)
  • Peduli – (PE)
  • Cerdas – (DA)
  • Tangguh – (TANG)

Pertama saya mendengarnya diawali waktu saya mengikuti kegiatan TOT yang berkepanjangan yaitu Trainning Of Trainer. Saya akan sedikit bercerita bukti apa sih agar JUPE DATANG ini adalah sangat penting dan mempunyai maksud yang sangat luar biasa.

Pada saat datang pertama kali menginjakkan kaki dalam kegiatan TOT. kami diberi sebuah balon yang bertujuan untuk menjaga balon ini selama kegiatan berlangsung hingga akhir acara kegiatan ini. Disini 2 kelompok di berikan 1 buah balon yang harus dijaga.

Dalam segala permainan yang ada, semua itu mempunyai arti kejujuran. Kenapa ??? karena dalam sebuah permainan pasti ada kalah dan ada yang menang. Tetapi setiap orang atau kelompok ada juga yang menghalalkan segala cara agar mendapatkan sebuah kemenangan dalam permainan yang dilakukan. Meskipun hal itu dilarang. Maka disinilah yang dibutuhkan oleh sebuah kejujuran, karena kalau menurut saya kenapa sih melakukan kecurangan tetapi tidak ada makna yang diambil dari permainan itu. Jika sebuah permainan dilakukan oleh kejujuran, kekompakkan, dan sportivitas, maka permainan tersebut akan mempunyai arti dan makna yang berarti untuk kita ambil sebagai kekuatan untuk dikemudian hari.

Untuk dari Peduli dan Tangguh, saya akan mengambil sebuah contoh permainan yaitu menyongsong fajar. yang dilakukan pada tengah malam. Pada permainan ini diperlukan kepedulian dan ketangguhan , yaitu saat kita berjalan dengan jauhnya tidaklah mungkin semua itu berjalan dengan lancar, dan pastiny akan mengalami segala hambatan. kita harus peduli pada kelompok kita. Meskipun kita merasa tangguh, bisa menghadapi segala rintangan yang ada. Tetapi apakah kita tega meninggalkan teman kita yang apabila dia tidak kuat berjalan. Disinilah diuji untuk kepedulian kita. Maka pasti kita akan berhenti sejenak dan menunggu teman kita hingga pulih kembali dan bisa segera melanjutkan perjalanan kembali, dan mungkin kita bisa memberikan spirit atau motivasi pada dia untuk Jiwa THE WINNER yaitu pantang menyerah (Never Give Up). ” kita pasti bisa sampai tujuan.”

Dan yang terakhir adalah Cerdas, disini saya akan mengambil contoh pada permainan waterpipe. kenapa saya mengambil contoh ini ? karena disini pipa yang diberikan pada kita untuk melakukan permainan ini adalah pipa yang benar” banyak lubangnya. Jadi kita harus berpikir dengan cerdas agar bisa mengeluarkan bola yang berada didalam pipa. Kecerdasan sangatlah diperlukan dalam permainan ini. Pertama kelompok saya juga gak begitu mempermasalahkan dengan hal ini, yang penting adalah bisa cepet selesai agar dapat memenangkan permainan ini. Tetapi apa yang didapat, kita semua tidak bisa mengeluarkan bola, padahal kita telah mengeluarkan tenaga yang sangat banyak untuk mengambil air dan memasukkanny kedalam pipa tersebut. Hasilny 0 besar. Kita telah membuang banyak waktu disitu. Kita berpikir sebentar, dan munculah ide agar kita bisa mengeluarkan bola itu dengan mudah. Nah jadi dari permainan ini kita bisa menyimpulkan bahwa kita membutuhkan sebuah kecerdasan dalam segala hal.

Leave a comment